Metode Pengajaran

METODE

Setiap guru didalam menyampaikan materi pelajaran bisa menggunakan metode antara lain:

A. CERAMAH

Metode ini siswa pasif mendengarkan, guru menerangkan/ menjelaskan materi pelajaran.

B. TANYA JAWAB

Setelah guru menerangkan pelajaran bisa dilanjutkan dengan Tanya jawab baik secara individu maupun kelompok. Tanya jawab juga bisa dilakukan sebelum memulai pelajaran.

C. PENUGASAN

Siswa bisa diberi tugas-tugas tertentu misalnya: menulis materi pelajaran, mengerjakan soal-soal, mengerjakan PR. Dan selanjutnya setiap tugas diberi penilaian berupa tanda tangan guru atau berupa angka-angka.

D. DEMONSTRASI

Dalam mengunakan metode ini siswa kita suruh memperagakan didepan kelas misalnya: menghafalkan materi yang telah disampaikan guru, menghafal secara kelompok dll.

E. DISKUSI

Metode ini bisa digunakan sesuai dengan kemampuan siawa, bila tidak metode ini tidak berjalan. Misalnya dengan mengunakan metode ini siswa kita atur seuai dengan kelompoknya kemudian satu kelompok menjadi penyaji+moderator dan kelompok yang lain menjadi peserta, masing-masing kelompok selain penyaji membuat soal dan disampaikan kepada penyaji untuk dijawab. Setelah penyaji memecahkan/ menjawab soal kemudian di persilahkan setiap kelompok selain penyaji dan pembuat soal untuk melakukan tanggapan. Dan yang terakhir dikembalikan kepada pembuat soal, sudah puas atau belum dengan jawaban yang dipecahkan.

Pada prinsipnya metode yang digunakan oleh setiap guru tidak memberatkan siswa tetapi memudahkan siswa untuk menerima setiap materi pelajaran, sehingga ilmu yang diterima bisa dikuasai dan diamalkan.





Madrasah Diniyah Roudlotur Rohman Desa Ringinsari, Sukoharjo, Plemahan, Kediri, Jawa Timur.
Email : madin.rrohman@gmail.com Phone: +6285856127872